Selasa, 28 Agustus 2012

RAWAT TUBUH, TATA HATI


Injil: Mat 23:23-26

Tidak ada yang salah bahkan menjadi sebuah keharusan agar setiap orang menjaga dan merawat tubuhnya. Akan tetapi bila Anda jatuh pada kenyataan bahwa beratus-ratus ribu bahkan jutaan Anda bisa habiskan untuk perawatan tubuhmu, tapi seribu rupiah enggan Anda keluarkan dari dombet/sakumu untuk mereka yang membutuhkannya, maka kiranya Anda harus sadar bahwa ada sesuatu yang salah dalam hati dan jiwamu saat ini.

Pagi ini Yesus mengeritik para Ahli Taurat dan Orang Farsi dengan berkata:"...cawan dan pinggan kamu bersihkan sebelah luarnya, tetapi sebelah dalamnya penuh rampasan dan kerakusan...bersihkanlah dahulu sebelah dalam cawan itu, maka sebelah luarnya juga akan bersih."

Dengan sabda ini, Yesus mau menekankan bagaimana seharusnya setiap orang menata hatinya agar menjadi fabrik yang menghasilkan kata dan tindakan baik dalam hidupnya. Inilah kebenarannya; Tubuh yang tampan dan cantik belum tentu menjamin hati yang baik dan tulus...tapi sinar hati dan jiwa yang suci mampu menembus tubuh dan memberikan aroma dan cahaya bagi orang lain di sekitarmu. Jiwa yang rendah hati akan nampak dalam kata dan tindakan hidupmu setiap saat.

Karena itu, pesanku kepadamu sebagai saudara dan sahabatku; "Rawatilah tubuhmu selalu tapi jangan lupa tata hatimu selamanya, karena sesungguhnya apa yang keluar dari mulut dan tindakanmu adalah produk asli hati dan jiwamu."

Selamat beraktivitas para sahabat.....

Salam dan doa seorang sahabat untuk para sahabatnya,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar