Selasa, 28 Agustus 2012

Gereja Katolik


Yesus membuat empat janji kepada Petrus. 

Pertama, Gereja Kristus akan didirikan di atas Petrus: “Di atas batu ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku.” 

Kedua, seluruh kekuatan neraka tidak akan mengalahkan Gereja ini: “Alam maut (pintu neraka) tidak akan menguasainya.” 

Ketiga, kunci surga akan diberikan kepada Petrus: “Kepadamu akan Kuberikan kunci kerajaan surga.” 

Keempat, Petrus diberikan kuasa khusus: “Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di surga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di surga.”
------------------------------------

Janji ini ditujukan kepada orang kedua tunggal. Tidak ada petunjuk apa pun bahwa Yesus memberikan seluruh empat janji ini kepada murid-murid lainnya. Mereka semua mengerti bahwa Petrus diberi kuasa khusus. Petrus menolak hal ini dalam pikirannya (sebagaimana kemudian MUNGKIN terjadi juga pada diri kita), dalam Matius 16:22. Kejatuhan Petrus yang sekejap ini, bagaimanapun juga, tidak mengubah janji Yesus bahwa peran Petrus, dan juga para penerusnya, YANG unik. 

Sebagaimana akan kita lihat, Yesus sedang mendirikan tahta Petrus, sesuatu yang lebih penting dibandingkan apa pun, termasuk diri Petrus sendiri. Dari janji pertama kita melihat bahwa Yesuslah yang akan mendirikan Gereja itu di atas Petrus: “Di atas batu ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku.” 

Kita tau banyak orang Evangelis berbakat di sekitar kita yang mendirikan organisasi-organisasi atas nama“untuk kemuliaan Allah”. Mereka sangat tulus, sangat ambisius, dan beberapa dari mereka sangat sukses. 

Namun, apakah orang-orang ini membantu Kristus mendirikan Gereja-Nya di atas batu yang telah Kristus pilih? Kita harus menjawab “tidak”. 

Bahkan sebaliknya, mereka mengambil domba-domba milik Petrus ke dalam organisasi mereka sendiri. Mereka mempunyai banyak pembenaran untuk berada di luar Gereja Petrus, tidakkah mereka ini sedang berusaha merobohkan pekerjaan yang dijanjikan Yesus bahwa Dia sendiri yang akan mendirikan Gereja-Nya?

Janji yang pertama ini mempunyai implikasi bahwa jika batu gereja itu dirusak, maka Gereja itu akan runtuh, dan jika Gereja itu dipindahkan, ia tidak akan mempunyai fondasi yang telah dipilih oleh Kristus sendiri. Gereja Kristus yang didirikan di atas Petrus tidak dapat dikurangi menjadi ide dan kepercayaan semata. Jika ada orang yang bertanya mana dari sekian banyak Gereja saat ini yang sungguh-sungguh Gereja Kristus, carilah Petrus atau penggantinya. ""Ubi Petrus, ibi Ecclesia, ibi Deus."--"Where Peter is, there is the church, there is God."--"Di mana Petrus berada, di situlah Gereja berada, Di situlah Allah berada." ~Sto. Ambrose, Uskup Agung Milan

Bergabung ke dalam Gereja yang didirikan di atas Petrus menjamin bahwa saya dan kita berada di dalam Gereja yang dibangun oleh Kristus sendiri. 

Janji kedua Kristus kepada Petrus mengatakan kepada saya bahwa hal ini akan selalu benar: “Alam maut (pintu neraka) tidak akan menguasainya.” Janji ini akan berlangsung terus sampai akhir zaman, apa yang tidak akan dikuasai? Gereja yang dibangun di atas Petrus dengan pengorbanan dan darah Putera-Nya di kayu salib. None can compare. 

Janji ini menusuk tepat pada jantung reformasi. Dapatkah Gereja yang didirikan oleh Kristus menjadi sedemikian korup sehingga lebih baik ditinggalkan? Dapatkah seseorang dibenarkan untuk mencuri ide Yesus dan memisahkan diri mereka dari institusi asli ini karena ketidaksempurnaannya? Apakah kekuatan neraka akan menggoncangkan Gereja yang dibangun di atas Petrus ini sampai institusi ini menjadi tidak berdaya? Tidak. 

Yesus yang memilih pemimpin-pemimpin Gereja ini. Pemimpin-pemimpin baru ditahbiskan di setiap generasi. Yesus berjanji untuk menjaga Gereja ini dari subversi kekuatan neraka. Saya tidak melihat di dalam Kitab Suci sesuatu yang membenarkan perpecahan seperti yang terjadi di saat "Reformasi".

Gereja ini mungkin kuat selama beberapa masa sejarah dan lemah di masa lainnya. Banyak orang Katolik yang mengakui bahwa Gereja Katolik di dunia telah melihat hari-hari yang lebih baik. 

Janji kedua Yesus menyatakan kepada saya bahwa kita tidak perlu kehilangan waktu tidur kita untuk memikirkan atau mengkuatirkan apakah Gereja yang dibangun di atas Petrus ini akan mati atau murtad. 

Seluruh kekuatan neraka tidak akan pernah melenyapkan Gereja Kristus. Amen.

*Bis dat, qui cito dat!"--"Barangsiapa yang dapat memberikan dengan cepat, ia memberikan dua kali lipat."

[+In Cruce Salus, Pada Salib Ada Keselamatan. ~Thomas A Kempis. 'De Imitatione Christi', II, 2, 2]
*Dikutip dari ucapan Publius Syrus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar